Gaji Radiografer Swasta dan PNS (Terbaru)

Tidak banyak orang yang tahu tentang pekerjaan radiografer. Bagi yang ingin menjadi radiografer pasti penasaran kan berapa gaji radiografer setiap bulannya. Pada artikel ini saya akan berikan informasi tentang pendapatan sebagai seorang radiografer. Kira-kira masih menjadi pekerjaan yang menjanjikan gak ya?

Sebelum lanjut saya sampaikan disclaimer dulu ya. Informasi pada artikel ini tidak bermaksud untuk membanding-bandingkan pendapatan setiap radiografer baik radiografer PNS maupun radiografer yang bekerja di rumah sakit swasta. Artikel ini hanya berisi informasi gaji radiografer secara umum.

Selain aktif menulis blog, saya juga bekerja di rumah sakit sebagai seorang radiografer. Bagi teman-teman yang belum tahu, radiografer adalah seseorang yang melakukan tindakan foto rontgen di ruang radiologi.

Untuk menjadi seorang radiografer harus menempuh pendidikan DIII Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi. Untuk nama jurusan mungkin akan berbeda-beda pada setiap civitas akademika lainnya.

Gaji Radiografer Indonesia

Pendapatan gaji yang diterima oleh radiografer di sebuah rumah sakit swasta tentunya akan berbeda satu dengan yang lainnya. Setiap rumah sakit tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk menggaji karyawannya. Selain itu setiap daerah juga memiliki aturan dalam penggajian dengan patokan UMR.

Tentunya gaji ideal yang diharapkan adalah di atas UMR. Namun masih banyak rumah sakit yang belum bisa memberikan gaji sesuai standarnya.

Gaji radiografer yang saya dapatkan saat ini sebagai radiografer yang bekerja di sebuah rumah sakit swasta adalah sebagai berikut :

  1. Gaji pokok
  2. Tunjangan jabatan
  3. Tunjangan profesi
  4. Tunjangan risiko
  5. Tunjangan makan
  6. Insentif pelayanan
  7. Lembur
Kira-kira bagi radiografer yang bekerja di rumah sakit swasta akan mendapatkan gaji dengan uraian seperti di atas. Untuk nominal total gaji yang didapatkan seperti yang sudah saya jelaskan di atas akan berbeda pada setiap rumah sakit dan setiap daerah.

Bagi yang bekerja di rumah sakit swasta yang saya tahu akan mendapatkan gaji mulai dari 800rb hingga 4 juta. Gaji 800rb disini merupakan gaji magang radiografer ketika pertama kali bekerja. Biasanya radiografer yang baru bekerja akan melewati masa magang kurang lebih selama 3 bulan.

Gaji Radiografer PNS


Berbeda dengan radiografer yang bekerja di rumah sakit swasta. Bagi radiografer PNS atau yang bekerja di rumah sakit milik pemerintah akan mendapatkan gaji sesuai yang telah di atur oleh pemerintah. Misalnya, radiografer PNS pemerintah daerah, radiografer pemerintah provinsi, radiografer pemerintah pusat akan mendapatkan gaji yang berbeda sesuai dengan aturan yang telah ada.

Bagi kebanyakan orang menjadi PNS merupakan sebuah impian karena gaji radiografer PNS dianggap lebih baik dibandingkan gaji radiografer di rumah sakit swasta.

Saya memperolah informasi ini dari seorang teman radiografer di sebuah RS Pemerintah. Dia merupakan PNS yang lolos ujian CPNS Pemerintah Provinsi.

Gaji radiografer yang dia dapatkan setiap bulan adalah sebagai berikut :
  1. Gaji pokok PNS golongan IIC
  2. TBR (Tunjangan Bahaya Radiasi)
  3. Tunjangan makan
  4. Tunjangan anak istri
  5. Tunjangan kinerja
Dari gaji pokok sebagai radiografer PNS dan berbagai tunjangan dia mengatakan bahwa total pendapatan yang dia peroleh setiap bulan kurang lebih 10 juta.

Sekali lagi mohon maaf ya, segala informasi mengenai gaji radiografer diatas merupakan sekedar berbagi informasi dari pengalaman yang ada.

Kesimpulan


Menjadi seorang radiografer sekarang ini menurut saya masih cukup menjanjikan. Sekarang ini banyak sekali rumah sakit yang ada di setiap daerah. Tentunya dengan banyaknya rumah sakit tersebut akan semakin menambah jumlah lapangan kerja bagi radiografer. Bekerja tidak melulu soal uang melainkan bagaimana kita berguna untuk menolong orang lain.


Kamu mau baca ini juga? →


Ayo Beri Komentar Tutup Komentar

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more